Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

Kumpulan Tips Tingkatkan Produktivitas WFH

Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang untuk semakin kreatif dalam bekerja, termasuk penerapan WFH atau work from home. Walau terlihat mengasikan, tapi WFH juga memerlukan tips tersendiri untuk tingkatkan produktivitas.

Kalau salah, bisa saja pekerjaan justru tidak ada yang selesai dan tertunda. Berbagai gangguan saat di rumah juga menjadi kendala utama saat WFH, lho.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui tips tingkatkan produktivitas WFH. Apa saja tips tersebut? Yuk, ikuti terus ulasan ini.

Tips Tingkatkan Produktivitas WFH

Saat bekerja di rumah, kamu perlu menjaga kedisiplinan layaknya bekerja di kantor. Hal tersebut dibutuhkan agar semua pekerjaan tepat waktu dengan hasil yang sama ketika di kantor. Dan hal tersebut ternyata tidaklah mudah.

Banyak orang yang ternyata kesulitan beradaptasi, dan pekerjaan justru berantakan. Dampaknya? Tentu saja tidak hanya pada diri sendiri tapi juga perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini.

Atur Jam Kerja

Hal pertama dan wajib untuk dilakukan adalah mengatur jam kerja semaksimal mungkin. Ingat, kata maksimal bukan berarti jam kerja yang panjang, ya. Tapi, maksud dari maksimal adalah kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu.

Kalau saat di kantor jam kerja mulai pukul 09.00 sampai 17.00, maka usahakan untuk menerapkan hal yang sama saat kamu di rumah, ya. Dan, jangan sampai kamu malah keluar atau mengerjakan hal lain saat jam bekerja tersebut.

Membuat Skala Prioritas

Setelah jam kerja kamu tentukan, hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah skala prioritas. Jangan salah, banyak orang yang lupa akan mengerjakan apa ketika WFH, karena berbagai alasan.

Buatlah skala prioritas sebelum pekerjaan WFH dimulai, atau akan lebih efisien lagi malam hari sebelumnya. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari pekerjaan yang menumpuk.

Jam Istirahat

Istirahat juga menjadi hal yang penting, tidak hanya untuk pekerjaan tapi juga kesehatanmu. Walau terkesan “santai” tapi ada baiknya kamu menerapkan sistem istirahat biar produktivitas juga maksimal.

Kalau saat jam kerja berlangsung, hindari yang namanya rebahan atau melakukan hal lain di luar pekerjaan WFH tersebut. Hal yang sama juga berlaku saat kamu sedang istirahat, ya.

Tempat Kerja

Pastikan tempat kerja kamu ini nyaman dan koneksi internet stabil. Ini adalah dua hal yang akan mendukung pekerjaan kamu saat WFH. Sisi baik dari WFH kamu tidak harus melakukan semua pekerjaan di rumah, tapi bisa memilih tempat lain untuk menghindari kebosanan.

Kalau kamu bekerja di rumah, pastikan memilih ruangan yang minim distraksi, seperti kamar, sudut ruang tamu, atau yang lain sesuai dengan rumah kamu. Tempat yang nyaman akan memberikan dampak yang sangat besar saat kamu bekerja di rumah, karena itu sangat penting untuk menghindari distraksi.

Hilangkan Distraksi

Ini adalah masalah yang akan dihadapi semua orang saat bekerja di rumah atau WFH. Yup, yang namanya distraksi memang tidak bisa kamu hilangkan, tapi masih bisa kamu minimalisir. Contoh distraksi yang paling mengganggu adalah notifikasi sosial media.

Yup, era digital siapa yang tidak memiliki sosial media? Tapi, hal tersebut jugalah yang akan memberikan banyak distraksi saat kamu bekerja. Cara mengatasinya bagaimana? Sudah pasti mematikan notifikasi aplikasi tersebut.

Cukup gunakan aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan saja, sisanya kamu bisa mematikan notifikasinya agar pekerjaan menjadi maksimal.

Nah, itulah beberapa tips tingkatkan produktivitas WFH. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!



close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!